topbella

iRZa's EvoL BLog| Welcome in to my bLog_tinggaLkand comment ^_^|

Kamis, 11 November 2010

KesaLahan Ber- EmaiL

Bahaya-Bahaya dalam Ber-email

E-mail dalam ilmu komputer adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik), yaitu metode mengirim pesan atau data dari komputer satu ke komputer lainnya melalui jaringan antarkomputer seperti internet atau intranet., Namun sayangnya, kesalahan kita dalam menggunakan email
dapat berakibat fatal terhadap kerahasiaan email kita

Mencegah masuknya virus.
Virus biasanya di sebar melalui E-mail. Dengan cara menggunakan software anti virus dan layanan e-mail yang menawarkan perlindungan antivirus setidaknya mencegah menyebaran virus melalui e-mail. Dengan cara menghapus spam yang ada pada inbox email juga dapat menggurangi dari terinfeksinya virus atau worm yang menyebar melaui email. Dan anda jangan teruskan email yang berantai karena itu sering kali melampirkan virus pada emailnya. Jangan buka email yang tidak jelas lalu jangan klik link yang berada pada email tersebut

Menghindari tekink phising

Trik phising di gunakan untuk mencuri data pribadi user, mereka sering kali mengirimkan email palsu untuk mengecoh anda agar memberikan data pribadi anda yang sangat sensitif. Bayangkan saja hal ini terjadi kepada anda maka data-data sensitive anda diketahui oleh orang lain

Mengelola inbox
Kelola kotak masuk email anda dengan cermat, kalau perlu urutkan kan semua email yang masuk berdasarkan prioritas , subjek atau pun tanggalnya baca isi email dengan seksama sebelum anda membalas dan merespon si pengirim. Hiraukan email yang isinya kurang penting bagi anda bila perlu hapus agar tidak memenuhi inbox email anda karena nantinya akan memakan bandwidth lebih.

Membuat email dengan baik
Tidak sulit untuk memberi kesan bahwa anda professional, ingat-ingat dasar menulis email yang baik sertakan juga penulisan dan ejaan yang benar, tuliskan dengan jelas subjek yang anda inginkan pada sebuah email yang anda kirim. Maka orang akan menilai anda professional dan bijak dalam menggunakan email..

Ber-attachement dengan baik
Jangan kirim file yang terlalu besar, karena akan memakan banyak bandwidth. hanya buka attachement dari sumber yang terpercaya dan jangan lupa scan file attachement dengan antivirus yang anda miliki untuk menghindari dari persebaran virus melalu attachement.

Jangan mengirim informasi sensitif
Jangan sekali-kali anda mengirim hal-hal sensitif atau sebuah aib yang bisa membuat anda atau rekan anda malu jika rahasianya terbongkar. jangan anggap sebuah email rahasia, karena email juga tidak jauh berbeda dengan surat dari pos.

Lindungi alamat email
Jangan sebar alamat email teman anda apa lagi teman bisnis anda dengan cara mendaftarkan email anda pada forum, group atau papan bulletin di internet. Karena mereka nantinya akan mengirimkan newsletter ke email anda sekitar berita-berita terbaru dari web mereka. Atau pun email berantai lainnya.

Berfikir sebelum membalas email
Berfikir sebelum membalas email yang anda terima sangat penting, jangan sampai terjadi salah menanggapi si pengirim email. Pastikan bahwa apa yang anda tulis sama maksudnya seperti yang anda fikirkan pada saat itu, contohnya jika anda mengirimkan lelucon kepada teman anda bisa jadi teman anda menyalah artikan lelucon yang anda kirim.

Alamat si penerima salah
Jangan sampai anda salah mengirim sebuah email pada seseorang yang sama sekali tidak mengenal anda. Bayangkan jika anda menggosipi si A dengan si B ternyata anda malah salah mengirim ke si A orang yang anda gosipi. Bayangkan apa yang akan terjadi pada anda.


thanks to the articLe to :
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2009 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus
atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap
dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin
terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

thanks to :taufanriyadi@gmail.com
http://www.trikaja.co.cc

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
cewek yang punya kekurangan n keLebihan. 'I Hope I wiLL be Pretty Woman' ^_^
 
iRZa evoL© DiseƱado por: Compartidisimo